Senin, 24 April 2017

Sejarah FRPBA (Forum Relawan Penanggulangan Bencana Alam)


Sejarah FRPBA
Forum Relawan Penanggulangan Bencana Alam yang selanjutnya disingkat FRPBA berdiri pada tanggal 7 Desember 2003 atas prakarsa bersama kelompok Pecinta Alam, Pekerja, Mahasiswa dan Pelajar yang memiliki maksud dan tujuan yang sama dalam hal penanggulangan bencana alam serta kegiatan kemanusiaan lainnya dalam bentuk pengabdian diri terhadap masyarakat yang terkena bencana. Sebagai bentuk kepedulian terhadap bencana yang sering melanda bangsa ini hingga menyebapkan kerugian moral maupun materiil sampai menimbulkan korban jiwa dengan jumlah yang sangat memprihatinkan, atas dasar itu semualah kami sepakat untuk membangun sebuah komunitas yang konsen dalam penanggulangan bencana alam dan membantu sesama yang tertimpa musibah dengan segala kemampuan yang kami miliki sebagai aset penerus Bangsa.
Dengan penanganan bencana yang terpola dan terencana secara matang, kami melakukan kegiatan kemanusiaan dengan harapan masyarakat dapat merasakan manfaatnya, terutama masyarakat yang membutuhkan. SDM yang telah kami rekrut sebagai anggota akan kami berikan pendidikan dan pelatihan berdasarkan dari kebutuhan dalam hal penanggulangan bencana seperti, Team Investigasi,Water Rescue, Explor SAR, BALAKAR, Team Medic, Tenaga Penyuluh Kesehatan, Konservasi dan berbagai pengetahuan mengenai penanggulanangan bencana alam.
FRPBA adalah organisasi yang bersiafat sosial kemanusiaan, namun memiliki otoritasi mandiri dalam menjalankan organisasinya tanpa intervensi apapun, kecuali yang menyangkut masalah birokrasi kepada Pembina dan Penasehat serta yang menyangkut kebutuhan perlengkapan dan peralatan. Dan mengenai masalah pembiayaan organisasi hingga saat ini belum ada sumber yang tetap dan masih diperoleh dari anggota dan para donatur.
FRPBA memiliki kepengurusan tingkat pusat dan kepengurusan wilayah yang dibentuk sesuai dengan kebutuhan organisasi. Kepengurusan FRPBA memiliki masa bakti atau kerja selama 3 tahun dalam tiap periodenya. Pendidikan dan pembinaan SDM FRPBA bekerja sama dengan Pemerintah dan pihak terkait, untuk tenaga instrukturnya adalah anggota FRPBA yang berpengalaman dan berkemampuan sesuai dengan bidangnya masing-masing dan instruktur dari luar sesuai dengan kebutuhan demi menunjang kemampuan para anggota dalam menangani setiap bencana yang terjadi.
KEANGGOTAAN
Anggota FRPBA adalah mereka yang memiliki jiwa sosial, tulus ikhlas dan peduli terhadap sesama, serta exist dalam kegiatan kemanusiaan tanpa mengharapkan imbalan dan memiliki kemampuan dalam bidang Rescue atau kebidangan lainnya yang bergunan bagi masyarakat luas.
Perekrutan Anggota FRPBA dilakukan dengan mengadakan beberapa pendidikan dan pelatihan seperti Penyelamatan di Air (Water Rescue), Explor SAR, Tenaga Penyuluhan, Dapur Umum, Investigasi dan Managemen Bantuan serta konservasi dan kampanye dalam hal Penanggulangan Bencana Alam, Dari sinilah perekrutan-perekrutan diambil sebagai Sumber Daya Manusia (SDM) FRPBA sesuai dengan keahlian dan kemampuaanya masing-masing dalam menjalankan tugas untuk membantu masyarakat dalam hal penanggulangan bencana alam dan operasi SAR.
FRPBA mempunyai beberapa program kegiatan, antara lain yaitu :
   1. Menyedikan tenaga profesional dan fast response untuk rescue korban bencana alam, banjir, orang tenggelam terutama sungai-sungai di DKI Jakarta.
   2. Penelitian dan observasi sebagai upaya mencari informasi dan data yang akurat terkait program-program penanggulangan bencana.
   3. Memberikan penyuluhan dan kampanye kepada masyarakat sekitar lokasi yang rawan bencana alam dan banjir
   4. Memberikan rekomendasi dan membantu pemerintah dalam upaya menanggulangi bencana alam dan banjir.
   5. Sebagai penyalur program bantuan bencana alam berupa material maupun relawan (tim medis, regu penolong, dapur umum, dan camp pengungsi) pada saat terjadi bencana alam.
   6. Mendampingi desa binaan yang rawan terjadi bencana alam dan banjir untuk memiliki kemampuan untuk mengambil langkah-langkah antisipatif sebelum terjadi bencana alam dan banjir.
   7. Sebagai lembaga pelatihan kebencanaan yang profesional untuk menciptakan relawan dan kader yang handal dalam penanggulangan bencana alam dan banjir
Sumber: wikipedia

0 komentar: